Senin, 23 Juli 2018

Jadwal KA Prameks dan Soleks 2018

Prambanan Ekspres dan Solo Ekspres
pict FB Margana

Kereta Api adalah sarana transportasi massal yang dapat mengangkut ratusan orang dari suatu tempat ke tempat yang lain melalui rel. Kereta Komuter memiliki peranan yaitu mengantarkan penumpang yang hendak berangkat atau balik kerja maupun belajar.


Pengguna KA Prameks yang bervariasi
pict @cpjepret

Pengguna KA Solo Ekspres saat sore hari di akhir pekan

Selain Jakarta, kota Yogyakarta dan Solo merupakan kota besar yang juga memiliki rutinitas pekerja yang aktif. Mereka biasanya tinggal di kota-kota pinggiran seperti Klaten atau Kutoarjo. Selain digunakan untuk pekerja atau pelajar, KA Komuter juga bisa digunakan sebagai transportasi pilihan untuk jalan-jalan menghabiskan waktu berlibur atau sekedar mengisi kegabutan saja.

Prameks dgn latar Gunung Merapi
pict @jgdjagad

Berikut jadwal KA Prambana Ekspres dan Solo Ekspres lintas Kutoarjo-Yogya-Solo PP



KTA : Kutoarjo
JN : Jenar
WT : Wates
YK : Yogyakarta Tugu
LPN : Lempuyangan
MGW : Maguwo
BBN : Brambanan/Prambanan
KT : Klaten
PWS : Purwosari
SLO : Solo Balapan

Tarif =
Prambanan Ekspres
Yogya-Solo Rp 8.000
Yogya-Kutoarjo Rp 8.000
Solo-Kutoarjo Rp 15.000

Solo Ekspres
Yogya-Solo Rp 30.000
Yogya-Kutoarjo Rp 30.000
Solo-Kutoarjo Rp 40.000



Foto-foto KA Prameks dan Soleks dari bbrp orang

Prameks non AC
pict @saptahut

Prameks non AC (kuning)
dan Prameks AC (merah)

Interior Prameks AC

Interior Prameks non AC
pict @sanjayastories

Prameks non AC rangkaian cadangan
pict @armand_1836

Solo Ekspres
(rangkaian bakal KA Bandara Solo-Adi Sumarmo)

Prameks AC livery merah putih hijau
pict @rizkyputro_059

Prameks AC livery batik Joglosemar
pict @panda_coklat

Seat KA Soleks + stopkontak

Rabu, 04 Juli 2018

Variasi Bodi Jetbus series

Jetbus HD & Jetbus HD2


Sejak kehadiran bodi New Travego Smile dan Marcopolo, Adiputro melakukan facelift pada produk bigbus mereka menjadi Jetbus series. Dimulai pada tahun 2011 Jetbus hadir dikalangan masyarakat, kemudian tahun 2014 lahirlah Jetbus2 sebagai penyempurnaan dari model Jetbus pertama, dan ditahun 2018 ini lagi-lagi Adiputro merilis Jetbus3.

Jetbus HDD3

Perubahan tiap model sebenarnya berkonsep pada minor change, yaitu hanya mengubah lampu dan layout muka atau bokong busnya saja, sedangkan bodi sampingnya tidak terlalu berbeda. Namun perubahan ringan ini dapat membuat tampilan bus menjadi fresh dan segar kembali. Berikut variasi bodi Jetbus karoseri Adiputro =



1. Jetbus non HD
PO Garuda Mas

PO New Shantika
Ini adalah Jetbus model pertama yang keluar, kala itu banyak PO PO bus yang berminat membeli bodi ini. Dan PO Pertama yang menggunakan bodi Jetbus non HD adalah PO Kerub Pariwisata


2. Jetbus HD
PO Haryanto

PO Budiman

PO Harapan Jaya
Selain non HD, ada juga varian Jetbus HD. HD yg berarti High Deck (dek tinggi) adalah model dengan ruangan dek penumpang lebih tinggi daridapa non HD


3. Jetbus HD2
PO Agramas AKAP

PO Panorama (foto : Agil Rakasiwi)


PO Agramas APM Basoetta
Tahun 2014 Adiputro me-minorchange-kan tampilan Jetbus mereka menjadi Jetbus2. Peruban utama terjadi pada lampu dan bumper bus serta desain buritan yang dilengkapi kisi-kisi udara


4. Jetbus HD2+
PO Sudiro Tungga Jaya

PO Budiman

PO Rosalia Indah
Setahun kemudian, tepatnya di 2015 Adiputro mengeluarkan model new setra Jetbus HD2+, yaitu jika sebelumnya pilar B disamping memakai model Travego berbentuk melengkung, sekarang menggunakan selendang setra yang memanjang hingga ke buritan ditambah emblem plat Adiputro di kaca belakang


5. Jetbus non HD2+
PO Sugeng Rahayu

PO Panorama (foto : Agil Rakasiwi)


PO Sugeng Rahayu
Jetbus2 setra ada yang High Deck, ada pula yang non High Deck. Dilihat secara seksama pasti kesannya ada yang aneh, ya karena bodinya non HD berpadu dengan pilar selendang setra, kesannya Jetbus2 di varian ini terasa unik dan bantet


6. Jetbus SHD2+
PO Sudiro Tungga Jaya

PO Sugeng Rahayu


PO Gunung Harta
Selang beberapa bulan, hadir salah 1 model yang dimana cukup menggertak pasar perbusan nasional, yaitu Jetbus SHD yang berati Super High Deck alias memiliki dek penumpang yang jauh lebih tinggi daripada yang berbodi HD. Pada model SHD kelebihan yang didapat adalah kapasitas bagasi menjadi lebih besar, bahkan bisa mengangkut sepeda motor jika menggunakan sasis modular. Oiya dimuka bus SHD terdapat topi sebagai pemisah antara kaca atas dengan kaca bawah


7. Jetbus SDD2+
PO Putera Mulya

PO Agramas

PO Karina
Tak hanya Super High Deck, dalam waktu bersamaan diluncurkan varian SDD atau Super Double Decker. Dari namanya sudah ketahuan bahwa ini adalah bus tingkat 2 lantai yang menjadi varian flagship produk Adiputro. Kehadiran bus tingkat ini sangat mengejutkan publik karena bus tingkat yang dicap hanya bisa untuk dalam kota, bisa dipakai untuk layanan antar kota antar provinsi. PO yang memakai bodi ini antara lain Putera Mulya (Jakarta-Wonogiri & Yogya), Agramas (Jakarta-Wonogiri & Jepara), Harapan Jaya (Jakarta-Blitar), Sempati Star (Medan-Aceh) dan lain sebagainya


8. Jetbus HDD2+
PO Sudiro Tungga Jaya

PO Agramas

PO Sempati Star
Di tahun 2016 terjadi tren kekinian bus-bus dengan kaca belah. Akhirnya karpseri Adiputro kembali merilis Jetbus HDD atau High Deck Doubleglass yaitu Jetbus berbodi HD namun memiliki kaca ganda. Hebatnya tren ini masih bertahan sampai sekarang dan sebagian besar banyak PO tertarik dengan bodi ini


9. Jetbus HDD3 & SHD3
PO Haryanto

PO Pelita Baru


PO Laju Prima


PO Sugeng Rahayu


Jetbus3 hadir di tahun 2018 langsung dengan varian HDD dan SHD. Perubahan besar terjadi pada desain muka dan buritan bus baik lampu hingga kisi-kisi kap mesin. Yang unik kedap-kedip lampu sein Jetbus3 mirip dengan kedap-kedip lampu mobil merk Lexus dan Audi


10. Jetbus UHD3+
Kini sudah dimiliki PO Pandawa 87
Awal Agustus 2018 di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show diluncurkan Jetbus UHD3+ dengan beberapa tampilan yang baru pada bumper, topi pemisah kaca depan dan pilar setranya. Oiya bodi ini ukurannya beberapa cm lebih tinggi dari SHD dan beberapa cm lebih rendah dari SDD, jadi bodi ini berada diposisi tengah-tengah. Sesuai dengan namanya bus ini memiliki dek yang sangat-sangat tinggi, secara tampilan nyaris menyerupai SDD namun hanya memiliki 1 lantai. Keuntungan dari bodi ini adalah kapasitas bagasi bawah bus ekstra lapang dan bisa diisi oleh motor tanpa halangan.


11. Jetbus HDD3+ & SHD3+
PO Restu Panda

PO Murni Jaya (Asli Prima Inti Karya)

PO Eka

PO Efisiensi
Selepas perhelatan GIIAS 2018, line up Jetbus HDD3 dan SHD3 (yang kini memakai imbuhan "+") mengikuti tampilan jejak UHD3+, yang sama-sama menggunakan pilar setra yang dilengkapi dengan lampu diatas lekukan pilar, rumah foglamp baru, sekat pemisah kaca depan yang bergurat dan bumper yang dilengkapi lampu sein dibawah berbentuk bumerang. Model inilah yang saat ini diproduksi dan sudah banyak PO bus yang membeli bodi ini.



Tren Jetbus masih berlanjut sampai sekarang, dan bisa dikatakan Jetbus series adalah model yang paling laris manis dipasaran karena peminat bodi ini sangat tinggi. Bagaimana kelajutan dari bodi sejuta umat ini? Apakah ada varian baru lagi? Tunggu kejutan selanjutnya dari karoseri Adiputro Wirasejati