Pumas E01 |
27 Desember, adalah hari yang spesial dimana saya untuk pertama kalinya touring bus dari Bogor menuju Klaten via jalur Pantai Selatan Jawa. Setelah sebelumnya saya selalu touring via jalur Pantai Utara Jawa. Bus yang saya naiki adalah PO Putera Mulya Sejahtera berbalut bodi Jetbus HD besutan karoseri Adiputro dengan sasis Hino RK8.
Tiket ditebus seharga 140 ribu. Namun per Desember naik menjadi 145 ribu |
Pagi itu diawali dengan bangun tidur sekitar jam 5 pagi sembari melakukan aktivitas biasa seperti mandi dll. Setelah selesai semuanya, jam 7 kurang 10 menit saya meninggalkan rumah dan berjalan ke halte busway Kemayoran Landas Pacu Timur untuk selanjutnya menaiki Transjakarta menuju stasiun Manggarai via Kota dan Bunderan Senayan. Dalam perjalanan sempat melakulan foto-foto kecil-kecilan dibeberapa tempat
PO Satria Muda new setra Jetbus HD2+ Mercedes Benz OH 1626 |
PO Satria Muda Tentrem Scorpion X Hino RK8 R260 |
PO Pandawa 87 new setra Jetbus SHD2+ Mercedes Benz O500R 1836 |
Transjakarta TJ-187 Gemilang Coachworks Scania K340iA |
Royal Trans TJ-559 Tentrem medium bus Mercedes Benz OF917 |
Tiba di stasiun Manggarai waktu menunjukkan pas pukul 9 pagi, masuk stasiun dan naik KRL menuju Bogor. Setibanya di stasiun Bogor saya sempatkan untuk mengecas handphone, beli snack ringan, dan hunting kecil-kecilan. Setelah selesai semuanya langsung keluar dari stasiun dan naik angkot menuju terminal Bubulak. Pukul 12:35 saya tiba di terminal Bubulak.
Stasiun Bogor, jalur 2 arah utara |
Stasiun Bogor, peron arah selatan |
Sempat ada kejadian dimana pihak agen lupa confirm bahwa busnya akan berangkat lebih awal dari jadwal yang tertera di tiket yaitu pukul 13:00. Karena kejadian tersebut pihak agen sempat meminta maaf karena terjadi miss comunication. Karena keadaan mendesak akhirnya saya lamgsung naik kedalam bus tanpa foto eksterior terlebih dahulu.
Setelah naik bus diberangkatkan dari terminal Bubulak, Bogor, Jawa Barat menuju tujuan akhir Terminal IR Soekarno, Klaten, Jawa Tengah. Bus melaju santai dari lepas Bubulak hingga Pasar Rebo. Disepanjang jalan bus berhenti di beberapa agen untuk menaikkan penumpang yang akan berlibur Tahun Baru menuju kampung halaman.
Driver bus |
Menyusuri jalan raya Bogor |
Jam 3 sore singgah di agen terakhir menaikan penumpang di Pasar Rebo, bus langsung masuk tol menuju JORR. Sayang baru sampai wilayah Jatiwarna, bus kejebak macet sampai simpang Cikunir. Jarak tempuh yang kira-kira 6-8 km ini membutuhkan waktu sejam lebih. Jam 4 lewat bus memasuki tol Jakarta-Cikampek, dan kemacetan masih menyapa disini sampai melewati daerah Cikarang.
Jalan tol yang macet |
Kemacetan panjang ini disebabkan karena pada waktu yang bersamaan juga berbarengan dengan orang-orang yang pulang kantor, orang-orang yang pulang kampung untuk berlibur Tahun Baru, hingga kecelakaan lalu lintas. Sembari menerjang kemacetan, beberapa bus malam melaju berdampingan dengan bus yang saya naiki.
Kecelakaan truk box keguling vs truk kontainer |
PO Haryanto |
Bareng sama PO Putera Mulya team Yogyaan dari Ciledug |
PO Rosalia Indah |
Sekitaran jam 6 sore di daerah Karawang tol perlahan makin lancar, bus mulai menambahkan kecepatan secara konstan hingga memasuki tol Cipali. Kecepatan bus berada dikisaran 80-100 km/jam, termasuk santai, tidak cepat tapi tidak lambat. Memasuki KM 102 bus persiapan memasuki rest area untuk melakukan service makan malam di Rumah Makan Taman Sari Cipali. Service makan dilakukan selama 30-45 menit. Waktu selama itu dapat dimanfaatkan penumpang selain makan untuk ke toilet, membeli jajanan lain, atau melaksanakan sholat maghrib.
Suasana di rumah makan |
Makanan ala RM Taman Sari Cipali |
Saat tiba dirumah makan jam setengah 7 malam saya langsung bergegas menuju antrian, tukar kupon, dan mengambil lauk yang disediakan. Isi lauk yang saya ambil yaitu ayam goreng, bihun, sayur labu, kerupuk, dan sambal. Tidak lupa juga makanan tersebut ditemani oleh segelas teh hangat manis. Setelah makan dan melakukan hunting kecil-kecilan, jam 7 lewat bus persiapan melanjutkan perjalanan kembali menuju Yogyakarta. Oiya sedikit catatan rasa makanan cukup enak tapi disayangkan untuk bihunnya ga ada rasa sama sekali alias hambar, semoga kedepannya untuk menu bihun diperhatikan lagi rasa dan kualitasnya bisa lebih baik lagi.
Parkiran bus di RM Taman Sari Cipali |
Bus yang saya naiki |
Gunung Harta Tronton 2542 feat Harapan Jaya |
Gunung Harta Trontonia K410iB |
Harapan Jaya HDD OH 1626 |
Lepas rumah makan bus kembali lagi melaju kali ini dengan kecepatan yang lumayan lebih cepat sekitaran 100-120 km/jam. Selama di tol beberapa kali menyusul bus-bus malam PO lain, bisa dikatakan bus dengan kode E01 ini melaju dengan gesit dan lincah. 2 jam melaju di tol, akhirnya bus keluar di Gerbang Tol Pejagan dan belok kanan menuju Prupuk Bumiayu Ajibarang tembus-tembus jalur Pantai Selatan Jawa.
Disepanjang jalan saya jarang melakukan dokumentasi karena faktor sehabis makan malam tadi badan berasa berat hingga bawaannya ngantuk, sempat bangun tidur bangun tidur sampai daerah Bumiayu terbangun karena hujan sangat deras. Hujan terus menemani perjalanan hingga daerah Ajibarang.
Hujan deras di daerah Kretek, Bumiayu |
Momen dadakan bertemu Sugeng Rahayu Cepat Team tanah Priangan Bandung |
Memasuki Kebasen cuaca gerimis membuat badan serasa ingin beristirahat lagi. Namun tiba-tiba dari arah kanan melesat cepat bus Sugeng Rahayu dari Bandung menuju Surabaya. Ketika bus Putera Mulya melaju dengan gesit, bus Sugeng Rahayu terus ngacir sampai tak terlihat dimata. Jam setengah 1 dini hari masuklah ke Rumah Makan Jembatan 2 di daerah Sumpiuh untuk istirahat ke 2. Di perhentian kedua ini tidak melakukan service makan lagi, cuma singgah untuk cek point, ke toilet, ataupun ke musholla.
Singgah di RM Jembatan 2 Sumpiuh |
Berhenti lumayan bentaran, jam 1 kurang bus kembali berangkat ditengah cuaca yang masih gerimis rintik-rintik. Memasuki daerah Kebumen satu per satu penumpang mulai turun. Di daerah Kutowinangun cuaca cerah dan bus melaju cepat sendirian melenggang bebas tanpa lawan. Akhirnya badan lagi-lagi terlelap, bangun-bangun sudah berada di Wates dan hujan kembali turun. Disinilah banyak penumpang kurang lebih 6 sampai 8 orang yang turun.
Karena banyak penumpang turun di pertengahan perjalanan, tiba ditujuan akhir bus menjadi sepi |
Jam menujukkan pukul 3 lebih 10 menit bus memasuki kota Yogyakarta yang berarti dalam waktu 1 jam lagi saya tiba di tujuan. Jam setengah 4 subuh menurunkan penumpang di terminal Giwangan, bus kembali berlari kali ini bersama rival dari tanah Priangan juga yaitu PO Budiman dari lepas kota Yogya hingga Klaten.
PO Budiman. Team Soloensis tanah Priangan |
Dan akhirnya tepat pada pukul 04:10 bus tiba di Klaten. Saya akhirnya turun di SPBU samping terminal I.R Soekarno Klaten karena bus Putera Mulya tadi akan melajutkan perjalanan ke kantor Dishub setempat untuk mengurus surat-surat dinasan. Mungkin karena nomor STNK busnya berplat B (Jakarta) jadi pengurusannya agak ribet. Setelah turun saya akhirnya melajutkan perjalanan kembali yaitu menggunakan KRD Prambanan Ekspres menuju Solo.
Finish di SPBU samping terminal |
Akhir kata demikian review dari perjalanan saya kali ini. Mohon maaf kalau ada kata-kata yang salah atau tidak dimengerti 🙇🙇 berikut catatan dan info armada busnya
PO Putera Mulya Sejahtera
Seri E01 (foto contoh E08, kressan E01)
Adiputro new travego Jetbus HD
Hino RK8 R260 JSKA-NHJ leaf spring
Kelas Patas Rp 145.000 (per Desember 2017)
Bogor Bubulak-Kebumen-Yogya-Klaten
Seri E01 (foto contoh E08, kressan E01)
Adiputro new travego Jetbus HD
Hino RK8 R260 JSKA-NHJ leaf spring
Kelas Patas Rp 145.000 (per Desember 2017)
Bogor Bubulak-Kebumen-Yogya-Klaten
Fasilitas :
Air Conditioner
Seat 2+2 (38 kursi)
Reclining seat
Bantal & selimut
Service makan
USB Charger
Stop kontak
Toilet
Air Conditioner
Seat 2+2 (38 kursi)
Reclining seat
Bantal & selimut
Service makan
USB Charger
Stop kontak
Toilet
Catatan perjalanan lengkapnya =
12:36 Start Bubulak
12:53-12:54 Kedung Badak
13:12-13:16 Agen Pomad
13:28-13:31 Raya Bogor KM47 (transitan oper pnp Bubulak yg mau naik SDD)
13:41-13:44 Agen Yoga Cibinong
14:32-14:41 Agen PAL Depok
14:45-14:46 Ciracas
14:57-14:59 Agen Pasar Rebo
15:00 Tol JORR
16:10 Tol Jakarta-Cikampek
17:04 GT Cikarang
18:11 Tol Cikampek-Palimanan
18:37-19:16 RM Taman Sari
20:23 Tol Palimanan-Kanci
20:47 Tol Kanci-Pejagan
21:15 Exit GT Pejagan
21:53 Songgom
22:08 Prupuk
22:25 Linggapura
22:40 Bumiayu
23:21 Ajibarang
00:02 Kebasen
00:28-00:51 RM Jembatan 2
01:10 Gombong
01:37 Terminal Kebumen
01:53 Prembun
02:08 Kutoarjo
02:28 Jenar
02:51 Wates
03:29-03:34 Terminal Giwangan
04:10 Finish Klaten
12:53-12:54 Kedung Badak
13:12-13:16 Agen Pomad
13:28-13:31 Raya Bogor KM47 (transitan oper pnp Bubulak yg mau naik SDD)
13:41-13:44 Agen Yoga Cibinong
14:32-14:41 Agen PAL Depok
14:45-14:46 Ciracas
14:57-14:59 Agen Pasar Rebo
15:00 Tol JORR
16:10 Tol Jakarta-Cikampek
17:04 GT Cikarang
18:11 Tol Cikampek-Palimanan
18:37-19:16 RM Taman Sari
20:23 Tol Palimanan-Kanci
20:47 Tol Kanci-Pejagan
21:15 Exit GT Pejagan
21:53 Songgom
22:08 Prupuk
22:25 Linggapura
22:40 Bumiayu
23:21 Ajibarang
00:02 Kebasen
00:28-00:51 RM Jembatan 2
01:10 Gombong
01:37 Terminal Kebumen
01:53 Prembun
02:08 Kutoarjo
02:28 Jenar
02:51 Wates
03:29-03:34 Terminal Giwangan
04:10 Finish Klaten
NOTE : Per Febuari 2018, armada Bogor-Yogya-Klaten sudah diganti dengan unit baru yaitu M21 dan M25 dengan bodi Laksana new Legacy SR2 HD Prime, dan unit E01 E08 mutasi line Cibarusah-Jonggol-Yogya-Klaten
Pumas M25 Legacy SR2 HD Prime |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar